Begini Cara Menghapus Data Otomatis pada Ponsel Yang Hilang

cara hapus data hp yang hilang

Tahukah kamu bahwa cara menghapus data otomatis pada smartphone android kamu yang hilang bisa kamu lakukan. Kamu bisa mennggunakan Aplikasi Eradoo. Aplikasi ini bekerja dengan cara menerapkan sistem deteksi pada kartu SIM yang terpasang. Jadi bila kartu SIM yang kamu setting menjadi administrator pada smartphone kamu dilepas, maka data yang tersimpan di dalamnya akan secara otomatis di hapus.

 

Mengapa Data Pada Smartphone yang Hilang perlu dihapus?

Sebenarnya tidak ada kewajibab untuk menghapus data pada smartphone yang hilang. Semua adalah pilihan kamu, mau kamu hapus atau tidak. Tetapi biasanya, data yang tersimpan pada smartphone adalah data penting yang tidak boleh diketahui orang lain. apalagi kalau sampai tersebar, tentu bisa berbahaya.

Jadi pilihan menghapus data pada samartphone adalah pilihan bijak jika kamu tidak ingin data yang kamu simpan di dalamnya diketahui orang lain atau malah tersebar. Tapi kalau Cuma data foto-foto kamu dengan si dia, paling-paling kamu hanya merasa menyesal saja, mengapa kenangan itu harushilang bersama dengan hialngnya ponsel.

Lagi pula, kalau kamu adalah seorang yang suka teknologi atau sedikit banyak memahami teknologi. Maka kamus pasti tahu, bahwa salah satu yang membedakan ponsel itu berharga mahal atau murah adalah tingkat keamananya menyimpan data. Semakin mahal ponsel, biasanya dilengkapi dengan tingkat keamanan yang berlapis. Sebaliknya, semakin murah ponsel, maka semakin mudah pula membobol sistem keamanan ponsel.

 

Ada baiknya ponsel kamu Kode Keamanan

Memang terkadang bikin susah saja jika setiap kali membuka ponsel harus membuka kunci pula. Tetapi kamu harus sadari, kunci atau keamanan pada ponsel sangat penting untuk melindungi data-data kamu. Tidak boleh sembarang orang bisa mengakses ponsel kamu degan leluasa. Apalagi sudah menjadi hal yang umum kalau ponsel adalah tempat menyimpan banyak hal yang privasi.

Walau demikian, terkadang kita juga bisa membiarkan ponsel tanpa kunci. Misalnya ditempat-tempat yang terjamin keamananya, saat-saat kita terus memegang ponsel. tempat dan waktu seperti itu sangat tidak enak jika ponsel harus dilindungi dengan kode keamanan yang tidak dibutuuhkan.

 

Cara Menghapus Data Otomatis Saat Smartphone Dicuri

Tetapi jika kamu tidak menyukai adanya pengaman pada ponsel kamu, baik berupa PIN maupun Pola. Kamu bisa menerapkan aplikasi Eradoo. Aplikasi ini bisa menjadi pengaman saat ponsel kamu hilang. Umumnya, pencuri ponsel akan sesegera mungkin mematikan ponsel yang ia curi dan mengganti kartu SIM nya dengan yang baru. Nah, saat itulah data dalam ponsel akan langsung hilang. Lalu bagaimana cara menggunakan aplikasi?

  1. Download aplikasi dan instal di smartphone kamu.
  2. Begitu selsai kamu instal, langsung saja kamu buka aplikasi. Pada tampilan awal, Eradoo akan menyuguhkan beberapa pilihan, silakan aktifkan layananya terlebih dahulu. Setelah itu silakan kamu setting password yang akan kamu gunakan pada aplikasi lalu aktifkan aplikasi sebagai administrator.
  3. Sesudah itu, kamu tinggal memilih mana fitur aplikasi yang ingin kamu aktifkan dan mana yang tidak. Kamu bisa memilih misalnya SMS Trigger dan lainya.
  4. Sesudah aplikasi kamu aktifkan, setiap kali smartphone dimatikan lalu kamu ganti kartu SIM nya, maka ponsel akan secara otomatis menghapus seluruh data yang ada di dalmnya.

Dengan aplikasi Eradoo seluruh data yang ada di ponsel kamu, baik itu video, foto, kontak dan lainya akan terhapus. Jadi begitulah cara menghapus data otomatis menggunakan aplikasi Eradoo. Jadi intinya, ponsel harus terpasang aplikasi Eradoo terlebih dahulu.