Cara Simple Mempercepat Booting Windows 10

cara mempercepat booting windows 10

Windows 10 memang lebih simpel dan powerfull jika dibandingkan dengan pendahulunya yang lebih rempong, Windows 10. Namun, meski fitur Windows 10s ini sangat powerfull dan lebih cepat serta tampilannya elegan, namun banyak pengguna Windows 10 yang mengeluh booting sistem operasi besutan Microsoft ini sangat lambat.

Untuk mengatasi keluhan tersebut, berikut kami sajikan dua tips simpel namun efektif untuk mempercepat Booting Windows 10 di komputer pribadi maupun laptop Anda.

Mempercepat Booting Windows 10 dengan Mengaktifkan Fitur Fast startup

Salah satu fitur canggih dari windows 10s adalah Fast startup yang memungkinkan penggunanya mempercepat booting. Fitur ini membebankan memory pada saat startup (booting) pada kernel dan driver dengan membuat suatu sistem yang disebut dengan ‘hyberfil’ dan tidak menggunakan RAM. Jadi, ketika Anda menyalakan laptop dengan windows 10, file system hiberfil ini akan dijalankan hingga booting lebih cepat.

Begini cara mengaktifkan fitur tersebut:

  • Cari dan buka “Power options” di Start Menu.
  • Klik “Power Setting” dan “Choose what the power buttons do” di sisi kiri jendela.
  • Klik “Change settings that are currently unavailable”
  • Di bawah “Shutdown settings” pastikan “Turn on fast startup” diaktifkan.

 

Menonaktifkan Application StartUp di Taskmanager

Salah satu alasan mengapa startup laptop atau PC windows 10 Anda lemot adalah karena adanya fitur StartUp Application yang secara otomatis berjalan saat pertama kali Anda menyalakan komputer dengan sistem operasi win 10 Anda. Hal ini cukup membebani RAM dan menyebabkan terjadinya hang pada beberapa kasus, terutama jika Anda hanya memiliki memory yang kecil (dibawah 8 GB).

Nah, untuk mempercepat startup Windows Anda yang lemot karena permasalahan ini, dapat dilakukan dengan menonaktifkan beberapa aplikasi tidak penting yang kebetulan menggunakan fitur windows 10s yang satu ini. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Jalankan Task Manager dengan klik kanan Taskbar > Task Manager
  2. Jalankan Setting (Control Panel) dengan Mengklik icon Windows 10 > Setting > System > Pilih Apps and Features
  3. Pada Task Manager, klik Tab Startup Application dan periksa aplikasi yang tidak terlalu penting, namun menggunakan fitur ini
  4. Klik kanan aplikasi yang Anda anggap tidak terlalu penting dan pilih pilihan “Disable”

Setelah prosedur tersebut dilakukan, cobalah untuk mereboot komputer windows 10 Anda. Pasti proses startupnya akan beberapa saat lebih cepat dibandingkan sebelum melakukan prosedur ini.

 

Membersihkan Malware dari Windows 10

Salah satu faktor yang menyebabkan startup windows 10 Anda lemot bukan main adalah Malware yang bergerak bebas dan memaksa komputer Anda untuk menjalankan aplikasi jahat tersebut saat komputer Anda dinyalakan.

Oleh karena itu, Anda harus melakukan pembersihan massal terhadap malware tersebut. Anda cukup mengupdate dan menggunakan Windows Defender. Berikut langkah-langkahnya.

Update windows defender

  1. Carilah dan jalankan fitur windows defender
  2. Pada tab “Update” klik tombol “Update Definition” untuk mengupdate database Windows Defender Anda. Pastikan koneksi internet Anda nyambung
  3. Setelah update selesai, pilih tab “Home”
  4. Pilih pilihan ‘Full” dan klik tombol “Scan Now”
  5. Tunggu hingga proses scanning malware selesai.
  6. Hapus semua malware yang terdeteksi

Demikian cara mempercepat startup windows 10 ini. Pada artikel ini dibeberkan bagaimana cara mempercepat booting windows 10 dengan memanfaatkan fitur windows 10s sendiri yakni Fast StartUp, TaskManager dan Windows Defender. Semoga bermanfaat!